BKKBN Kembali Data Keluarga Indonesia

Drs. Zainin, Kepala Bidang ADPIN BKKBN Bengkulu (Photo : Idris)

Bengkulu, IPKB – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun ini kembali gelar pendataan keluarga (PK) 2020. Sebelumnya kegiatan yang sama digelar pada 2015 lalu.

Kepala Bidang Advokasi dan Penggerakan Informasi (ADPIN) Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu Drs. Zainin mengatakan, pada 2020 lembaga pemerintah non kementerian itu akan menggelar pendataan keluarga Indonesia.

Kegiatan tersebut akan digelar secara serentak di seluruh provinsi di tanah air pada Mei 2020 mendatang.

Di Bengkulu pendataan keluarga lima tahun sekali itu akan dilaksanakan pada 1 hingga 31 Mei mendatang”.

Sebelum pelaksanaan, “kita lebih awal mempersiapan dengan pembekalan tenaga kader pendataan (Petugas KB, PKB) untuk pendataan yang berlangsung serentak di Provinsi Bengkulu, ujar Zainin.

Pendataan keluarga itu bertujuan untuk menyajikan data keluarga yang berkualitas, menggambarkan kondisi keluarga yang sebenarnya. Dengan demikian dapat menjadikan peta sebagai rujukan dalam pembangunan kependudukan di tanah air.

Untuk mendapatkan hasil pendataan yang baik, “kita (BKKBN) harus dapat menyukseskan pelaksanaan pendataan keluarga atau PK 2020 dan Pemutakhiran Basis Data Keluarga Indonesia(PBDKI) bersama dengan pemerintah daerah”.

Ia menambahkan, pendataan keluarga itu akan memotret dari sejumlah indikator, untuk mendapati data riil guna memudahkan pemerintah dalam melakukan intervensi program, ujar Zainin.

“Kita ingin pendataan keluarga agar pelaksanaan program KB terus membaik, baik dari kepesertaan maupun dari aspek kualitas. Begitu pula dari penggunaan metode kontraspesi yang digunakan masyarakat. Metode jangka panjang hingga pada jenis hormonal beralih ke non hormonal,” akhiri Zainin.(rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *