Pelayanan KB Taati Protokol Kesehatan Covid-19

Pelayanan implant di Kaur, Bengkulu, Rabu,13/5 (Foto KIE/Idris)

Bengkulu, IPKB – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu menggelar pelayanan KB dengan tetap mentaati protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Ir. Rusman Efendi, MM kepada wartawan di Kabupaten Kaur, Bengkulu menyebutkan bahwa pada masa pandemi Covid-19 BKKBN Provinsi Bengkulu mengggelar pelayanan KB keliling di tiap daerah kabupaten/kota. Bhaktisosial tetap mengedepankan imbauan pemerintah serta mentaati protokol kesehatan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19). Dengan physical distancing atau jaga jarak fisik, menggunakan alat pelindung diri (APD) berupa masker, hand scoon serta baju hazmat untuk tenaga kesehatan dalam melayani implant.

Pada kegiatan itu terdapat beberapa tindakan, seperti penyaluran alat kontrasepsi kepada peserta KB, pelayanan implant, di sejumlah daerah. Dan bhaktisosial itu telah dilaksanakan di Kabupaten Lebong, Seluma, Kabupaten Kaur, dan Rejang Lebong dan Kota Bengkulu pada awal April lalu.

Dikatakan Rusman, perlunya bhaktisosial pada masa wabah virus tersebut untuk membantu peserta KB yang habis masa pakai untuk tetap ber-KB dengan menggunakan kontrasepsi pil, kondom. Agar tercegahnya kehamilan pasca pandemi, sebab, kehamilan dampak pandemi akan memengaruhi kesehatan kehamilan, baik terhadap perkembangan janin maupun kesehatan kehamilan.

Calon akseptor implant cuci tangan saat masuki ruang layanan. (Foto KIE/Idris)

Pelayanan yang berlangsung itu atas kerjasama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) KB kabupaten/kota. yang memiliki tujuan yang sama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Melalui bhakti sosial dengan pelayanan KB tersebut dapat membantu pemerintah meningkatkan kualitas SDM, juga membantu masyarakat dalam mendapat pelayanan program KB. Untuk menjamin berjalannya program KB di tengah pandemi virus corona, pihak BKKBN akan mencuupi persediaan alat dan obat kontrasepsi hingga di faskes.

” Pelayanan KB keliling disejumlah daerah telah mengikuti prosedur dengan mentaati protokol kesehatan pencegahan COvid-19″.

Ia mengharapkan, pelayanan KB keliling dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh OPD dengan bekerjasama PKB dan bidan. Selain memberikan pelayanan KB, pihaknya melalui PKB dan bidan juga mensosialisasikan pencegahan penularan Covid-19 di tengah masyarakat, demikian Rusman. (rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *