DPR RI Sosialisasikan Bangga Kencana Masa Pandemi

Anggota DPR RI Hj. Elva Hartati, S.IP, MM saat sosialisasi program Bangga Kencana di Bengkulu, Selasa, 19/5 (Foto Idris)

Bengkulu, IPKB – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) melalui Komisi IX, sosialisasikan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) pada masa pandemi virus corona baru di Provinsi Bengkulu.

Anggota Komisi IX DPR RI, Elva Hatati, S.IP, MM mengatakan, sosialisasi program KB di tengah wabah corona virus disease (Covid-19) agar pelaksanaan program Bangga Kencana jangan sampai terhalang wabah virus mematikan itu. “PUS jangan sampai terhalang akibat virus corona, ujar Elva.

Sosialisasi itu agar menjaga keberlangsungan program KB di tengah mewabahnya virus corona di masyarakat. Selain mengedukasi masyarakat khususnya pasangan usai subur (PUS) kegiatan yang berlangsung menjelang akhir Mei-2020 di Bengkulu juga menyalurkan bantuan bahan pokok.

PUS di Bengkulu, perlu menjaga 4T yaitu Terlalu Sering Melahirkan, Terlalu Muda Usia Saat Melahirkan, Terlalu Tua Usia Saat Melahirkan, dan Terlalu Banyak Melahirkan. Dengan mengindahkan imbauan tersebut maka dapat meningkatkan kesehatan ibu maupun bayi, ujarnya.

Elva Hartati, S.IP, MM menyerahkan APD kepada Bidan, Selasa, 19/5 ( Foto Idris)

Selain pesan 4T, Elva juga mengimbau masyarakat untuk menerapkan fungsi-fungsi keluarga masa pandemi covid-19, ” mari kita rterapkan 8 fungsi keluarga di tengah imbauan ” tinggal di rumah (stay at home). Untuk tetap menjaga kesehatan, ia mengajak segenap PUS di daerah itu untuk tidak terajdinya putus pakai kontrasepsi guna menghindari kehamilan yang tidak diinginkan.

Selain mengimbau PUS tetap menggunakan kontrasepsi masa pandemi, dua lembaga pemerintah itu yakni BKKBN bersama DPR RI terusa mengkampanyekan gerakan bersama memerangi Covid-19. Dengan membudayakan pola hidup bersih, mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker serta menjaga jarak interaksi. Semua itu merupakan implementasi pelaksanaan program pembangunan kependudukan.

Ia berharap PUS di daerah tetap menggunakan kontrasepsi agar tidak terjadinya kegagalan program KB di tengah pandemi, kata Elva Hartati, S.IP, MM usai menyerahkan bantuan bahan pokok kepada masyarakat di Bengkulu, Selasa, 19/5.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu Ir. Rusman Efendi, MM menyampaikan, kerajasama BKKBN dan DPR RI pada sosialisasi progarm Bangga Kencana di Bengkulu Mei baru ini, upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dimasa datang.

Dalam sosialsiasi tersebut, BKKBN salurkan bantuan berupa bahan pokok, alat pelindung diri (APD) kepada PUS dan tenaga medis bidan serta tenaga petugas PK (PKB).

Sebanyak 1.000 paket bahan pokok untuk disalurkan kepada PUS di Provinsi Bengkulu, sementara APD akan diterima oleh bidan untuk memberikan pelayanan kesehatan maupun pelayanan pemasangan kontrasepsi.  (rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *