Rusman : Keberhasilan Pembangunan Bangsa Berawal dari Keluarga

Kepala Perwakilan BKKBN Bengkulu Ir. Rusman Efendi, MM

Bengkulu, IPKB – Tidak sedikit keluarga-keluarga Indonesia, yang belum memahami betapa pentingnya keluarga dalam pembangunan nasional. Kurang baiknya membangun atau membina anggota keluarga, maka akan memengaruhi kualitas keluarga . Jadi dapat disimpulkan bahwa keberhasilan pembangunan suatus bangsa, berawal dari keberhasilan dalam membina dan membangun keluarga.

Peserta sosialisasi AKIE Bangga Kencana di salahsatu wilayah kampung KB di Bengkulu

” Keberhasilan pembangunan bangsa dimulai dari keluarga dalam merencanakan kehidupan berumah tangga, salahsatunya bagaimana mulai merencanakan usia ideal menikah, jumlah anak dalam keluarga, dengan demikian maka dapat terwujudnya keluarga kecil bahagia dan sejahtera” kata Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu Ir. Rusman Efendi, MM dalam sambutannya pada sosialisasi Advokasi dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (AKIE) 2020 di Provinsi Bengkulu awal Agustus baru ini.

Ia mengatakan, keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam pembinaan tumbuh kembang anak, serta tempat belajar bagi anak sebagai generasi penerus bangsa, ujarnya di Desa Selinsingan, Kecamatan Seluma Utara, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, pekan pertama Agustus baru ini.

Dari keluarga yang berketahanan akan menciptakan generasi yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mempunyai kemampuan fisik, materi guna hidup mandiri serta mengembangkan diri dan mampu menepis pengaruh negatif, tambah Rusman dihadapan ratusan keluarga di wilayah kampung KB Desa Selinsingan, Seluma.

Rusman mengingatkan, bahwa keluarga merupakan investasi masa depan. Dimana proses cinta kasih sayang dalam keluarga dapat terwujud dari keluarga berkumpul, keluarga berbagi, berkomunikasi dan berdaya.

Ketahanan keluarga akan diraih apabila adanya saling dukung, salin memotivasi antar anggota keluarga yang akhirnya bertujuan dapat menciptakan ketahanan bangsa dan negara, hal itu akan mencegah terjadinya berbagai permasalahan dan tantangan dalam pengembangan keluarga, ujar Rusman.

Ditengah pandemi Covid-19 baru ini kata Rusman, merupakan tantangan bagi seluruh keluarga. Dituntut pembangunan keluarga perlu ditingkatkan dengan memberikan informasi mengenai keluarga yang berketahanan. Mulai dari polah pengasuhan hingga pada pemberdayaan ekonomi keluarga, akhiri Rusman. (rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *