Aplikasi Si-Lili Percepat Distribusi Informasi Bangga Kencana

BKKBN Bengkulu Sosialisasikan Kepada IMP dan PKB

Bengkulu, IPKB – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus memantapkan kesiapannya menghadapi adaptasi kebiasaan baru pascapandemi Covid-19. Pada Agustus tahun ini mulai kembangkan aplikasi Si-Lili secara nasional. Dikembangkannya aplikasi tersebut untuk mempercepat distribusi informasi dan substansi program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) kepada masyarakat.

EDY SANYOTO, S.IP

Di Bengkulu, pada Oktober tahun ini aplikasi itu telah disosialisasikan kepada petugas keluarga berencana (PKB) dan sejumlah institusi masyarakat pedesaan (IMP) di tiga daerah kabupaten, yakni Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu.

IMP adalah wadah pengelolaan dan pelaksanaan Program Keluarga Berencana Nasional di tingkat Kelurahan/Desa, Dusun/RW dan RT kebawah seperti PPKBD, Sub PPKBD, Kelompok KB dan kelompok- kelompok kegiatan (Poktan) yang merupakan bagian dari kegiatan kelompok keluarga berencana. Dan PKB adalah sebagai petugas BKKBN berkedudukan di tingkat lini lapangan yang menjadi andalan terdepan dalam mewujudkan keberhasilan. IMP di Bengkulu terdapat 7.014 kader terdiri dari Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD yang tersebar di 1.513 desa di Provinsi Bengkulu.

Untuk mempercepat penguasaan aplikasi Si-Lili itu segara disosialisasikan pada November mendatang sehingga sejumlah PKB dan IMP di daerah itu akan mampu menyampaikan informasi program kepada masyarakat hingga pelosok desa, kata Pejabat Analis Kebijakan Ahli Muda, Koordinator Sub Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Lini Lapangan (Hubalila) BKKBN Provinsi Bengkulu Edi Sanyoto, S.IP kepada wartawan di Bengkulu baru ini.

Perlunya pengembangan aplikasi itu bagi PKB dan IMP mengingat, kedua organisasi tersebut merupakan tenaga lini lapangan sebagai ujung tombak program Bangga Kencana. Yang dituntut untuk meningkatkan kualitas dan kuantitasnya sehingga mampu mendongkrak keberhasilan program Bangga Kencana di daerah, dukungan program Bangga Kencana di daerah itu terdapat dua ratus lebih tenaga penyuluh dan mencapai lima ribu lebih yang merupakan tenaga IMP yang tersebar di sejumlah desa di Provinsi Bengkulu, kata Edi.

” Dengan disosialisasikannya aplikasi tersebut agar sejumlah tenaga lini lapangan dapat menyampaikan informasi program dan poktan lainnya dalam rangka percepat kekeberhasilan program Bangga Kencana. Si-Lili, akan didesain agar mampu memantau aktivitas tenaga lini lapangan dan kader IMP. Namun, terhadap aplikasi tersebut, masih mendapat hambatan di lapangan yang terkendala sarana berupa HP android “. (rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *