RS Gading Medika Terima Penghargaan Keluarga Berencana

Bengkulu, IPKB – Rumah Sakit Gading Medika satu-satunya rumah sakit swasta di Kota Bengkulu terima penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Tanda penghargaan tersebut atas konsistennya lembaga itu dalam pelayanan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).

Penyerahan tanda penghargaan itu berlangsung di ruang Direktur RS Gading Medika, Jumat, 27/11. Hadir menyaksikan itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Ir. Rusman Efendi dan jajaran, unsur pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) KB Kota Bengkulu, PKB Kota Bengkulu dan sejumlah unsur pimpinan RS Gading Medika.

Inspektur Utama BKKBN Ari Dwikora Tono usai menyerahkan piagam tanda penghargaan kepada pihak management RS Gading Medika mengatakan, bahwa penghargaan yang diberikan itu merupakan wujud kerjasama yang baik antar dua lembaga. Dimana telah konsisten dan konsekuen dalam menjalankan komitmen bersama untuk meningfkatkan kualitas prorgam KB di Bengkulu.

Irtama BKKBN Ari Dwikora Tono (no dua kanan)  saat menyerakan piagam penghargaan kepada Direktur RS Gading Medika dr. Abdi, Jumat, 27/11.

” Satu-satunya rumah sakit swasta di Bengkulu yang menjalin kerjasama dan konsekuen untuk melayani pemasangan kontrasepsi di rumah sakit ini ,” kata Ari.

Dengan tanda penghargaan tersebut dapat meningkatkan kerjasama antar dua institusi itu dalam mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan mandiri di daerah itu, tambahnya.

” Kita mengapresiasi kerjasama yang telah dibangun BKKBN dan RS Gading Medika yang semata bertujuan untuk membantu pelaksanakan program pembangunan kependudukanyang lebih abik lagi kedepan”.

Direktur RS Gading Medika Kota Bengkulu dr. Abdi kepada wartawan menyebutkan, kerjasama BKKBN bersama RS Gading Medika itu telah terjalin sejak tahun lalu. Dan hingga saat ini masih mengemban amanat surat kerjasama dalam melaskanakan pelayanan program KB.

Ia mengatakan, untuk mendapat pelayanan KB steril ia mengimbau agar calon akseptor dapat mendaftarkan diri melalui PKB maupun secara langsung ke RS Gading Medika untuk dijadwalkan pelayanannya.

” Kita akan melayani pemasangan semua jenis kontrasepsi, namun yang lebih fokus pelayanan KB steril wanita atau tubektomi dan vasektomi KB steril pria, pelayanan itu melalui kerajsama dengan tenaga penyuluh KB(PKB) di lapangan, calon akseptor terlebih dahulu mendaftar agar kita menyusun jadwal pelayanan KB steril”.

Ditempat yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Ir. Rusman Efendi, MM melalui Koordinator Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB-KR) Edi Sofyan, SE.,MM menyebutkan, pelayanan KB melalui kerjasama di RS Gading Medika telah mencapai ratusan peserta KB MOW.

” Hingga tribulan ke tiga tahun ini peserta KB MOW di daerah ini telah mencapai 238 akseptor ,” kata Edi.

Didapatinya pelayanan tersebut atas kerjasama BKKBN dan RS Gading Medika tahun lalu yang dilatar belakangi atas keingin kuat untuk meningkatkan kualitas program Bangga Kencana. Melalui kerjasama antar lembaga tersebut dapat meningkatkan capaian progran KB Nasional dengan berbagai aspek baik Contrateption Prevalence Rate ( CPR) kesertaan ber-KB . Sehingga dengan itu akan mampu menekan angka kelahiran total atau total fertility rate (TFR) di Bengkulu. Saat ini TFR di Bengkulu masih berada pada angka 2,3 anak tiap wanita selama masa subur, angka tersebut cukup menggembirakan karena mampu di bawah angka nasional yang berada pada angka 2,4 anak, demikian Edi. (rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *