BKKBN Tandantangan MoA Bersama Lembaga Akademisi

Teken MoA bersama mitra Perguran Tinggi, Kamis, 25/3

Bengkulu, IPKB – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) Provinsi Bengkulu tandatangani Memorandum of Agreement ( MoA ) atau perjanjian kersama. MoA itu dengan lembaga akademisi di Bengkulu. Yakni Universitas Negeri Bengkulu ( UNIB ), Universitas Hazairin, dan Politeknik Kesehatan Kemenkes Provinsi Bengkulu.

Perjanjian kerja sama tersebut menindaklanjuti nota kesepahaman bersama ( MoU ) yang bersifat lebih fokus pada penggarapan program dan sasaran kerja sama untuk percepat pembangunan kependudukan, kata Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk ( Dalduk ) BKKBN Bengkulu Drs. Agus Supardi kepada wartawan di kantornya baru ini.

” Telah kita jalin MoA dengan tiga lembaga pendidikan perguruan tinggi pada 25 Maret 2021 dan akan laksanakan pada triwulan pertama tahun ini juga, ” kata Agus.

Agus mengatakan, kerjasama tersebut akan lebih fokus pada masing-masing bidang, UNIB melalui Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( F-KIP ) akan lebih fokus pada penyusunan buku, Poltekes dengan penggarapan kesehatan dalam peningkatan gizi, dan penanganan stunting serta remaja.

Sementara, MoA bersama UNIHAZ lebih fokus pada bidang sosialisasi bangga kencana melalui media radio kumunitas kampus di Bengkulu, kata Agus.

Terhadap stunting, BKKBN bersama instansi tehnis dan lembaga mitra lainnya akan secara maraton untuk menekan prevalensi kasus tubuh kerdil di Bengkulu. Sehingga akan menekan stunting yang masih tinggi. Stunting di Bengkulu masih sebesar 27,98 persen, yang membuat pemerintah menetapkan empat wilayah sebagai lokasi fokus penggarapan.

Dengan adanya kerjasama lintas sektor khsusnya MoA lembaga akademisi akan membantu pemerintah dalam menekan stunting pada 2024 sebesar 14 persen. ( rs )

Ia oftimis dengan adanya MoA bersama akademisi tersebut akan membantu percepatan berhasilnya pelaksanaan program bangga kencana dalam berbagai bidang, yang lebih khusus pada bidang ketahanan keluarga, demikian Agus. ( rs )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *