Depan > Index Berita > PEMKAB REJANG LEBONG DIRIKAN PUSAT KONSULTASI KELUARGA
PEMKAB REJANG LEBONG DIRIKAN PUSAT KONSULTASI KELUARGA
Kamis, 1 Agustus 2013


DSC_1123.JPG
 Photo bersama Bupati RL usai peresmian PPKS

BENGKULU,IPKB-Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, pada penghujung Juli 2013 akhirnya miliki pusat konsultasi keluarga. Hal itu dalam rangka mendukung serta percepat pencapaian pembangunan kependudukan di daerah itu.
Ny. Susilawati Suherman, Ketua Panitia Lounching PPKS Pat Petulai Kabupaten Rejang Lebong dalam sambutannya menyampaikan, pembentukan pusat pelayanan keluarga sejahtera (PPKS) di daerah itu dilaksanakan atas beberapa dasar hukum, baik petunjuk pemerintah pusat hingga kepala daerah tingkat kabupaten.
Beberapa dasar pembentukan PPKS dengan adanya UU No.52/2009, Peraturan Kepala BKKBN Pusat No.259/pER/2012 serta surat Bupati RL No.005/784/BAG 2 tertanggal 27 Juli 2013. Dengan tujuan dan sasaran dapat melaksanakan program Nasional secara luas dalam kegiatan KB sehingga menuju sasaran program yang lebih berkualitas di masa datang.
"Terbentuk dan difungsikannya PPKS di RL dapat melaksanakan program KB yang berkualitas, baik dalam peningkatan kuantitas informasi, konsultasi dan konseling keluarga," ujarnya.
Susilawati menambahkan, dalam memfungsikan pusat konseling bagi keluarga itu terdapat ruang konsultasi bagi keluarga balita, anak, remaja dan lansia. Bahkan dalam memberikan pengetahuan pusat konsultasi juga mampu memberikan nasihat bagi remaja pra nikah.
Pusat konsultasi keluarga yang satu-satunya terdapat di tingkat kabupaten di Provinsi Bengkulu itu setelah berdirinya dan disahkan telah memiliki sususan pengurus baik tenaga dokter, bidan dan psikiater masing-masing terdapat satu orang. Dengan tenaga yang tersedia diharap dapat membantu dalam membangun keluarga yang lebih berkualitas di daerah ini,ujarnya.
Bupati Suherman dalam ketika meresmikan pusat konsultasi keluarga sejahtera (PPKS) "Pat Petulai" menyampaikan, dengan berdirinya pusat konsultasi bagi keluarga agar dapat memberikan nilai tambah dalam membangun masyarakat yang sejahtera dan berkualitas.
Keluarga merupakan unti terkecil dalam masyarakat, oleh sebab itu pembangunan kualitas keluarga harus dilaksanakan secara berencana dan bertahap serta berkesinambungan. Yang hingga akhirnya pembangunan keluarga tersebut dapat bermuara pada keberhasilan dalam pembangunan semua sektor.
Bupati menambahkan, Kabupaten Rejang Lebong masih memerlukan pelayanan dalam meningkatkan kualitas kemuarga dan masyarakat di daerah itu. Berdasarkan data kependudukan di kabupaten tersebut terdapat penduduk mencapai 267.190 jiwa dengan jumlah sebanayk itu pula diperlukansarana pembangunan kependudukan yang lebih baik. Dengan berdirinya PPKS Pat Petulai diharapkan dapan membantu pemerintah dalam membangun kependudukan yang lebih berkualitas dan mandiri, pungkasnya.(ming)