Depan > Index Berita > ​BKKBN Perkuat Kemitraan Media Massa
​BKKBN Perkuat Kemitraan Media Massa
Senin, 13 Maret 2017
 

Bengkulu, IPKB - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu memperkuat kemitraan media massa di daerah itu, khususnya media lokal.

Kemitraan melalui media massa dalam rangka memberikan advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) ke-masyarakat.

Masyarakat perlu informasi secara berkelanjutan tentang program KKBPK. Agar tumbuhnya nilai-nilai pemahaman tentang pentingnya membangun keluarga, kata Kepala Perwakilan BKKBN Bengkulu Wahidin kepada wartawan di kantornya, Selasa, 7/3.

Ia mengatakan, pemahaman tentang membangun keluarga agar memiliki rencana itu penting. Dalam keluarga perlu remcana mulai dari pilihan kapan memiliki anak, jumlah anak, jarak kehamilan serta asupan anak.

Selain itu, keluarga juga harus memiliki rencana pendidikan bagi anggota keluarga. Bahkan nilai-nilai menciptakan keluarga kecil bahgia dan sejahtera harus tertanam dalam diri masyarakat.

Untuk mencapai hal itu maka diperlukan penguatan kemitraan media massa dalam membantu penyiaran program hingga hadir ditengah masyarakat luas,kata Wahidin.

"Kita memerlukan dukungan dari lembaga kemitraan seperti media massa dalam sosialisasikan program melalui penyiaran berita dan informasi."

Masih Wahidin, melalui peran media massa sejumlah sasaran program KKBPK dapat disasar. Baik kelompok ibu hamil, balita, remaja hingga kelompok lansia. Sebab, telah diamanatkan dalam UU No.52/2009 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Terhadap, ibu hamil, menyampaikan informasi program agar dapat menjaga kehamilan dan pasca lahir, kesehatan bayi dan balita.

Sedangkan remaja perlu menjaga kesehatan reproduksi dan menghindari perilaku luar nikah, penyalah gunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif (NAPZA). Informasi program KKBPK terhadap lansia untuk meningkatkan kelompok tersebut menjadi sehat dan produktif, ujar Wahidin.

Sementara itu Kepala Sub Bidang Advokasi, Komunikasi, Informasi dan Edukasi BKKBN Bengkulu, Corien Akwari Febrianti di tempat terpisah mengatakan, upaya meningkatkan komitmen dan kerjasama lembaga penyelenggara program KKBPK bersama media massa perlu adanya setrategi penguatan jejaring kemitraan media massa.

Penguatan jejaring kemitraan itu digelar pertemuan selama dua hari, 8-9 Maret 2017, dengan melibatkan peserta sebanyak 30 orang. Terdapat unsur OPD KB kabupaten/kota, awak media kabupaten/kota dan insan pers Kota Bengkulu. Jejaring mitra kerja akan dikuatkan melalui terbentuknya Forum Mitra Kerja Advokasi dan KIE Program KKBPK, yang bersama-sama Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Provinsi Bengkulu.

Penguatan jejaring kemitraan bertujuan untuk meningkatkan komitmen bersama dalam pengembangan advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi program tersebut.

Dan harapan dengan kemitraan itu, agar mitra kerja mampu memberikan AKIE tentang program KKBPK kepada masyarakat sesuai sasaran audien. Serta mitra kerja media itu mampu mengemas kegiatan sesuai segmentasi.

Ia meyakini melalui kegiatan tersebut dapat membantu pelaksanaan KIE progrm KKBPK sesuai segmentasi sasaran media massa, demikian Corien. (rs)