Gubernur Imbau Pemda Agar Gelar Vaksinasi Ibu Hamil

Gubernur Bengkulu saat meninjau vaksinasi covid ibu hamil di Bengkulu.

Bengkulu, IPKB – Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah mengimbau kepada pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota di daerah itu agar dapat melaksanakan vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil. Sehingga dapat melindungi ibu hamil dan janin dari perparahan corona virus disease ( Covid-19 ).

Hal itu disampaikan Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah kepada wartawan saat meninjau bhaktisosial vaksinasi ibu hamil di Rumah Sakit Gading Kota Bengkulu, Sabatu, 28/8. Berlangsungnya bhaksos tersebut kolaborasi lintas lembaga pemerintah dan swasta, seperti Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia ( POGI ) Daerah Bengkulu, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) Bengkulu, organisasi profesi kesehatan seperti Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ), Ikatan Bidan Indonesia ( IBI ) Daerah Bengkulu.

Gubernur saat bincang bersama ibu hamil peserta vaksin.

Dikatakannya, diresmikannya bhaksos vaksinasi ibu hamil tingkat provinsi itu agar dapat ditindaklanjuti pemerintah daerah untuk memfasilitasi POGI agar dapat memberikan vaksin terhadap ibu hamil, ujarnya.

” Kegiatan ini agar dapat dilanjutkan di tiap-tiap daerah di Bengkulu, sembilan kabupaten dan satu kota agar dapat menggelar vaksinasi ibu hamil, yang dapat dilakukan di sejumlah fasilitas kesehatan baik pemerintah maupun swasta, misalnya di tempat-tempat praktik dokter dan bidan “.

Gerakan ini harus dilakukan secara bersama-sama dan dukungan penuh dari masyarakat, dengan diluncurkannya program vaksinasi ibu hamil, maka diharapkan agar masyarakat tidak takut untuk divaksin, ” masyarakat agar jangan cemas, ketakutan yang berlebihan terhadap vaksinasi covid.

Pastikan kondisi kesehatan yang baik, dan jujur saat diobservasi, serta perlu istirahat yang cukup pasca vaksin, imbuhnya.

Menyoal sasaran vaksin ibu hamil di Bengkulu, gubernur menyebutkan target di daerah sebanyak 2000 orang. Dengan dilaunching vaksin covid-19 bagi ibu hamil selain bertujuan meningkatkan kesehatan dan cakupan vaksin di masyarakat. ( rs )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *