Deputi KS-PK Minta Kaper Perluas Jaringan Pemda

Deputi KS-PK BKKBN Nopian Andusti, SE., MT saat kunjungan kerja di Provinsi Bengkulu.

Akselerasi Bangga Kencana

Bengkulu, IPKB – Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga ( KS-PK ) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) Nopian Andusti, SE., MT minta kepada Kepala Perwakilan BKKBN di provinsi untuk memperluas jaringan komunikasi bersama pemerintah daerah. Baik terhadap kepala daerah tingkat kabupaten/kota hingga pada tingkat pemerintah provinsi.

Lakukan advokasi kepada pemerintah daerah, agar mendapat dukungan penuh dalam pelaksanaan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana ( Bangga Kencana ) ditiap tingkatan daerah, kata Nopian Andusti ketika kunjungan kerjanya di Bengkulu pada pembinaan aparatus sipil negara ( ASN ) di lingkungan Perwakilan BKKBN Bengkulu, Rabu, 24/11.

Photo bersama Deputi KSPK BKKBN usai pembinaan ASN, Rabu,24/11.

” Strategi dalam akselerasi program Bangga Kencana di daerah perlu dukungan pemda, maka perlu advokasi secara berkesinambungan “.

Program KB tidak akan mendapat dukungan yang baik dari daerah jika tanpa komunikasi, tentunya hal itu perlu dengan mengadvakasi program bersama pemerintah daerah, ujarnya di depan peluhan karyawan BKKBN Bengkulu

Pembinaan ASN di lingkungan BKKBN itu, diikuti 55 orang PNS, tenaga Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri ( PPNPM sebanyak 20 orang dan sejumlah tenaga honorer lainnya. Hal itu guna meningkatkan kinerja dan produktifitas karyawan dan sebagai upaya meningkatkan kualitas program Bangga Kencana.

Saat ini, kata Nopian, BKKBN dihadapkan dengan tantangan besar yaiti percepatan penurunan prevalensi sunting. Ditambah lagi dimana pelaksanaan program utama peningkatan kualitas keluarga melalui pengaturan jarak kehamilan dan kelahiran.

tantang besar tersebut akan dengan mudah diselesaikan jika dikerjakan dengan dedikasi yang tinggi. Untuk itu diperlukan harus menumbuhkan semangat kerja dengan menanamkan prinsip kerja team ( kelompok ) bukan perorangan, pintanya.

Deputi NopianANdusti Poto bersama Pejabat dilingkungan BKKBN Bengkulu, Rabu,24/11.

Selain itu, tambah Nopian, dalam mengadvokasi perlu melibatkan tim Dharma Wanita ( DW ) BKKBN untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dengan tim penggerak PKK baik tingkat provinsi hingga kabupaten/kota, harap Nopian.

” Keberhasilan Program Bangga Kencana terletak pada pola kerja pelaku program, kepala BKKBN harus banyak di lapangan bukan di kantor, dan itu harus ada dukungan peniuh organisasi wanita yaitu DW BKKBN dalam membantu advokasi program kepada organisasi wanita di daerah ( TP-PKK ) “. ( rs )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *