Perkuat Bangga Kencana, Deputi KS-PK Konsolidasi Tenaga Lini Lapangan

Temu Kerja Bersama PKB/PLKB di Mukomuko, Kamis,25/11.

Bengkulu, IPKB – Upaya memperkuat program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana ( Bangga Kencana ). Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga ( KS-PK ) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) Nopian Andusti, SE., MT konsolidasi hingga tenaga lini lapangan yaitu Petugas KB ( PKB ) dan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana ( PLKB ).

Temu kerja pengelola program Bangga Kencna itu berlangsung di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Kamis,25/11. Yang melibatkan 17 orang PKB/PLKB di Mukomuko khususnya masing-masing koordinator lapangan yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

Dinilai penting dan perlunya konsolidasi tenaga lini lapangan KB itu mengingat tenaga penyuluh merupakan garda terdepan untuk menerobos sekat-sekat yang dinilai hambatan keberhasilan program KB.

Dalam temu kerja itu, Deputi KS-PK Nopian Andusti hadir bersama petugas KB memberikan semangat baru untuk kembali bangkitkan program KB yang telah nyata telah berkontribusi dalam peningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) dengan menekan angka kelahiran dari kelahiran total sebesar 5,6 hingga pada titik saat ini sebesar 2,4 anak.

Nopian mengajak sejumlah tenaga penyelenggara program Bangga Kencana untuk selalu semangat dalm bekerja, tingkatkan komitmen untuk membangun bangga kencana di Bengkulu khususnya di Mukomuko agar mempercepat pembangunan kependudukan dan ketahanan keluarga, ujar Nopian.

Selain itu Deputi Nopian, juga mengingtkan untuk terus meningkatkan kinerja melalui pelaporan administrasi. ” Angka kredit harus dibuat secara real yang berdasakan nukti fisik “.

Nopian mengatakan bahwa, PKB/PLKB setealh kembali status sebagai tenaga vertikal, namum pendayagunaan/pemberdayaan masih sepenuhnya kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota. Dan penugasannya pun kewenangan pemerintah daerah, kata Nopian. ( rs )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *