Bhaksos TMKK Layani Puluhan Akseptor Baru

Deputi KS-PK BKKBN Nopian ANdusti (tengah) bersama Wabup Mukomuko Wasri (kiri) bincang bersama bidan.

Bengkulu, IPKB – Upaya terus meningkatkan kualitas program keluarga berencana ( KB ) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Pemerintah setempat menggelar bhaktisosial (bhaksos ) pelayan KB melalui kesatuan gerak TNI Manunggal KB Kesehatan ( TMKK ) tingkat kabupaten.

Bhaksos pada TMKK yang berlangsung di Kantor Camat Selagan Raya, Mukomuko, Bengkulu pada 26/11 itu melayani puluhan akseptor baru dengan beberapa jenis dan metode kontrasepsi. Terdapat peserta dengan menggunakan implant sebanyak 29 akseptor, intera uterine device ( IUD ) satu peserta, pil 23 peserta, kondom tujuh orang, dan suntik sebanyak 38 peserta.

Pencanangan TMKK dibuka Wakil Bupati Mukomuko Wasri, bhaksos yang dipusakan di Desa Pondok Baru, Kecamatan Selagan Raya terdapat pelayanan metode jangka panjang sebanyak 30 akseptor yaitu IUD dan implant.

Dalam sambutannya Wabup Mukomuko harap kepada masyarakat agar memanfaat moment TMKK dalam bergagai aspek, jadikan media pendidikan kesehatan reproduksi melalui penyuluhan program pembanguan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana ( bangga kencana ), kata Wasri.

Ia mengajak orang tua dalam mendidik dan membingbing anak agar dapat menggunakan teknik komunikasi pola pengasuhan yaitu ” ramah anak “. Komunikasi orangtua-anak dengan pola pengasuhan “Ramah anak” diwarnai oleh empati serta penuh dengan kasih. Hal ini menjadi penting karena sejak usia dini anak sudah merasakan dirinya diterima, dikasihi,dan dihargai eksistensinya.

Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh dan membimbing anak-anaknya untuk mencapai tahapan tertentu yang menghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat.

Kemandirian dan keberhasilan anak bergantung erat pada orang tua dalam menempatkan perannya. Peran orang tua adalah penanaman nilai edukasi tentang bahaya pergaulan bebas dan memberikan aktivitas positif kepada anak. ( rs )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *