Baksos Harganas 2022 Pemkot Bengkulu Layani 2000 Lebih Peserta KB

Bengkulu, IPKB – Bakti sosial (baksos) dalam rangkaian peringatan hari keluarga nasional (harganas) tahun 2022. Pemerintah Kota Bengkulu melayani peserta keluarga berencana (KB) mencapai dua ribu lebih yang tersebar disejumlah wilayan kecamatan di Kota Bengkulu. Pada baksos sejuta akseptor itu pemerintah daerah setempat ditetapkan target nasional sebanyak 1.558

Pelayanan tersebut melibatkan sebanyak 37 titik fasilitas kesehatan (faskes) yang tersebar di sembilan kecamatan dengan melayani sebanyak 2.488 akseptor atau sebesar 160 persen, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bengkulu Hj. Dewi Dharma, M.Si melalui Kepala Bidang Keluarga Berencana Miliarti, S.E kepada pewarta di Bengkulu belum lama ini.

Pelayanan KB Di Kota Bengkulu pada Baksos Harganas 2022.

Dikatakan Miliarti, capaian sebanyak itu menggunakan sejumlah jenis dan metode kontrasepsi. Terdapat metode jangka panjang sebanyak 359 akseptor seperti intera uterine device (IUD) 58 akseptor, implant mencapai 268 peserta dan medis operatif wanita (MOW) sebanyak 15 akseptor. Dan sisanya menggunakan kontrasepsi jangka pendek serta pelayan peserta KB pasca persalinan, sebut Miliarti.

Digelarnya baksos KB bertujuan untuk mendekatkan akses pelayanan kepada pasangan usia subur dalam mendapatkan pemasangan alat dan obat kontrasepsi. Hal itu agar menekan putus pakai kontrasepsi di tengah masyarakat. Sehingga tidak terjadinya kehamilan tidak direncanakan, ujarnya.

” Ada beberapa tujuan dari baksos KB yaitu meningkatkan pelayanan alat kontrasepsi bagi pasangan usia subur (PUS) di wilayah Kota Bengkulu. Menurunkan angka unmet need di yang terdiri dari ingin anak tunda dan tidak ingin lagi. Serta bertujuan menurunkan angka drop out peserta KB”.

Melalui pelayanan rutin program KB ditengah masyarakat selain meningkatkan kuantitas juga akan meningkatkan kualitas program KB, demikian Miliarti. (rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!