BKKBN Perkuat Kapasitas Pengelola Rumah Dataku

Direktur Renduk BKKBN Dr. Munawar Asikin foto bersama pada Penguatan Kapasitas dan kapabilitas Pengelola Rumah Dataku,di Bengkulu, Senin,20/6.

Bengkulu, IPKB – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu, awal pekan ke-tiga Juni-2022 baru ini menyelenggarakan pertemuan penguatan kapasitas dan kapabilitas pengelola rumah data kependudukan (Rumah Dataku).

Direktur Perencanaan Kependudukan BKKBN Dr. Munawar Asikin, S. SI., M.S.E membuka secara resmi kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak 21-22 Juni-2022. Hadir Sekretaris Perwakilan BKKBN Bengkulu Nesianto, S.E., M.M serta sejumlah pejabat koordinator bidang di lingkungan BKKBN Bengkulu.

Rumah Dataku merupakan sebuah strategi BKKBN sebagai lembaga pengelola dan penyelenggara program pembangunan kependudukan melalui program Kampung KB dalam mendukung kebijakan pembangunan berbasis kependudukan di tingkat desa (mikro) berdasarkan data.

Dr. Munawar Asikin

Penguatan kapasitas dan kapabilitas pengelola rumah dataku yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pengelola program tentang pengelolaan dan manajemen data kependudukan di desa serta menguatnya komitmen mitra kerja dan lintas sektor terkait dalam rangka memajukan program rumah dataku, kata Direktur Perencanaan Kependudukan BKKBN Dr. Munawar Asikin, SSI., MSE di Bengkulu, Senin, 21/6 belum lama ini.

Melalui penguatan kapasitas pengelola rumah dataku, kata Munawar, agar menghasilkan data yang lebih akurat dan valid sehingga terdapatnya keterpaduan dan sinergitas kebijakan dalam pembangunan kependudukan menuju sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Dan pentingnya rumah dataku dalam pembangunan kependudukan untuk memajukan kebijakan dan pendampingan penyusunan grand design pembangunan kependudukan, ujarnya.

Sementara itu Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) BKKBN Bengkulu Novrina Rizky Idnal, S.Psi dalam laporannya menyebutkan, penguatan kapasitas pengelola rumah dataku guna tersedianya data publik yang valid dalam bidang kependudukan di Kampung Keluarga Berkualitas (KB). Sehingga dapat memberikan intervensi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tepat sasaran.

Novrina Rizky Idnal, S.Psi Koordinator Bidang Dalduk BKKBN Bengkulu

Penyediaan data dan indikator pembangunan yang terkini, valid dan terpercaya merupakan kebutuhan penting bagi pelaksanaan suatu program. Rumah Dataku sebagai kelompok kegiatan masyarakat yang berfungsi sebagai pusat data dan infomrmasi kependudukan yang perannya di tingkat mikro menjadi krusial.

Rumah dataku terdapat di kampung-kampung KB untuk menyediakan data dan analisiskependudukan dalam rangka meningkatkan sinergitas pelaksana program bangga kencana bersama program pembangunan di-sektor lainnya di kampung KB, kata Novrina.

Pertemuan peningkatan kapasitas tersebut diikuti sebanyak 60 orang peserta dari unsur kader kampung KB, tenaga lini lapangan KB yaitu PLKB OPD KB tingkat kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu.(rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!