GenRe Bumi Ratu Samban Juara Umum Lomba JAK 2020

Kontingen GenRe Bengkulu Utara dengan pakaian adatnya siap adu ketangkasan pada lomba JAK 2020, ( Photo : Idris/IPKB)

Bengkulu, IPKB – Lomba ketangkasan dan kreativitas kelompok remaja dalam Jambore Ajang Kreativitas (JAK) 2020. Generasi Berencana (GenRe) asal Kabupaten Bengkulu Utara yang dikenal dengan sebutan Bumi Ratu Samban itu meraih juara umum pada lomba berbagai aksi diantaranya, pentas seni dan budaya serta lomba pameran kuliner lokal.

Diraihnya peringkat umum oleh GenRe Kabupaten Bengkulu Utara itu menunjukkan bahwa remaja di Bengkulu telah mempu untuk berdiri tegak dan bersaing mempromosikan produk lokal masing-masing daerah di tingkat nasional.

GenRe BU raih Juara Umum JAK 2020 saat menerima pengahrgaan yang disematkan Anggota DPD RI Riri Damayanti, S.Psi ( Photo : Idris/IPKB)

Jambore kreativitas yang digelar Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu bersama kalangan muda di Bengkulu itu diikuti kelompopk GenRe dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di sejumlah daerah kabupaten/kota.

Lomba JAK 2020 itu untuk memberikan ruang kompetisi bagi kalangan remaja yang dapat dijadikan tempat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), kata Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK) Drs. Arsyad, M.Si kepada wartawan usai menghadiri penutupan lomba JAK tingkat Provinsi Bengkulu 2020, Selasa, 8/12.

” JAK merupakan kegiatan bernilai positif guna memupuk semangat dan kebersamaan remaja, sehingga saling bersaing positif untuk mensosialisasikan prorgam Bangga Kencana “.

Ia mengatakan, lomba dengan berbagai kegiatan kreativitas remaja itu menmpatkan kelompok remaja asal Kabupaten Bengkulu Utara meraih peringkat juara umum atas prestasinya yang mempu menyisikan GenRe dari daerah kabupaten lainnya di Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Ir. Rusman Efendi, MM mengatakan bahwa remaja GenRe maupun anggota PIK-R dapat menjadi agen perubahan dalam segala bidang. Baik bidang pembangunan mental remaja hingga pada pisik di tenagh Covid-19.

Di tengah wabah Corona Virus Disease ( Covid-19 ) itu remaja diperlukan hadir untuk mensosialisasikan ” 3 M ” memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak “. dengan gencarnya sosialisasikan hal tersebut dapat mencegah sebaran virus itu ditengah masyarakat.

Remaja (GenRe) diharap dapat menjadi agen perubahan pencegahan Covid-19 dengan ikut mengkampanyekan 3 M, dengan langkah itu kita dapat meningkatkan imun sebagai upaya mencegah terpaparnya virus corona, ujar Rusman.

Ia mengatakan, langkah pencegahan Covid-19 merupakan bagian dari upaya menciptakan generasi yang sehat dalam menyonsong Indonesia Emas 2045. Harapan tersebut sulit untuk diraih jika remaja di Bengkulu tidak produktif yang disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya terjadinya pernikahan pada usia masih muda, demikian Rusman. (rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *