Hari Kontrasepsi Sedunia Kodim 0425/Seluma Gelar Baksos Pelayanan KB

Dandim 0425/Seluma usai mengikuti virtual pelayanan KB dalam rangka hari kontrasepsi sedunia, Kamis,29/9.

Bengkulu, IPKB – Dalam rangka peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia jatuh pada 29 September 2022. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI), tahun ini menggelar bakti sosial (baksos) pelayanan keluarga berencana (KB) gratis secara serentak di tanah air.

Puncak hari kontrasepsi tahun ini dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Selatan bertepatan dengan Penutupan Roadshow Ketua Umum Dharma Pertiwi dalam rangka percepatan penurunan stunting dan dilakukan Teleconference Pelayanan KB Serentak di kabupaten/Kota seluruh Indonesia pada tanggal 29 September 2022.

Menindaklanjuti hal itu, Komando Resort Militer (Korem) 041/Gamas Bengkulu bersinergi bersama Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu menggelar baksos pelayanan KB dan sosialisasikan program Bangga Kencana melalui Komando Distrik Militer (Kodim) 0425/Seluma dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) setempat, Kamis, 29/9.

Babinsa di Seluma saat pelayanan KB pada Hari Kontrasepsi Sedunia 2022, Kamis,29/9.

Kodim 0425/Seluma pusat teleconference pelayanan KB yang dihadiri Dandim 0425/Seluma Letkol Inf Syafrinaldi, S.E, Asisten I Setdakab Seluma H. Hendarsyah, S.IP., M.T, Kepala Perwakilan BKKBN diwakili Koordinator Bidang KB-KR Drs. Zainin, Kepala DP3APPKB Seluma Suardi, S.H serta Persit Kodim 0425.

Selain pelayanan KB, Kodim Seluma menggelar baksos donor darah yang diikuti personel TNI dan masyarakat di daerah itu. Baksos KB digelar sebagai upaya dalam percepatan penurunan stunting yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting. Yang menekankan untuk dilakukan aksi konvergensi, kata Dandim 0425/Seluma Letkol Inf Syafrinaldi, S.E kepada wartawan di kantornya, Kamis, 29/9.

Dikatakan Syafrinaldi bahwa dalam percepatan penurunan stunting di daerah itu pihaknya mendukung penuh program nasional dan daerah untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Dengan menggalakkan beberapa program diantaranya mengembangkan program ketahanan pangan lokal.

TNI AD Manunggal air bersih itu telah menyasar di tiga titik wilayah, Desa Padang Capo, Lubuk Sandi dan Talo. Kegiatan manunggal air bersih tersebut tengah berjalan dan optimis pada akhir 2022 dapat menyentuh seluruh wilayah tersebut.

“Kita bersama pemerintah daerah kabupaten memanfaatkan lahan tidur untuk diconversi menjadi lahan produktif, sejumlah babinsa akan membina masyarakat desa untuk menanam pangan lokal, seperti singkong, jagung dan tanaman lainnya yang diperlukan masyarakat dalam membantu pemenuhan gizi,” ujarnya.

Masih Dandim Syafrinaldi, dalam penanganan stunting pihaknya ikut serta mensosialisasikan pentingnya penggunaan kontrasepsi bagi pasangan usia subur, dan bersama kementerian agama setempat libatkan personel bintara pembina desa turut kampanyekan cegah nikah usia anak. Sosialisasi itu dilakukan pada kegiatan pembinaan masyarakat desa di tiap koramil.

Sementara itu, Kepala Dinas DP3APPKB Kabupaten Seluma Suardi, S.H menyebutkan bahwa pada puncak hari kontrasepsi tahun ini. Pemerintah daerah setempat bersinergi bersama Kodim 0425/Seluma dengan berbagai aksi pencegahan stunting. Di antaranya tengah berlangsung pelayanan KB yang dipusatkan di Kecamatan Talo yang menyasar sebanyak 54 akseptor.

Pada pelaksanaan KB di Seluma pihaknya bersama PKB dan Babinsa terus menggaungkan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), demikian Suardi.(irs)

Penulis : Idris Chalik
Editor : Rofadhila Azda
Kamis, 29 September 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!