Kelompok UPPKA Bengkulu Gelar Bazar Ramadhan

Kelompok UPPKA Bengkulu Gelar Bazar Ramadhan, Jumat, 22/4.

Bengkulu, IPKB – Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor ( UPPKA ) Kota Bengkulu menggelar bazar Ramadhan 1443 H di halaman kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) Provinsi Bengkulu.

Gelar dagang pada Jumat-22-April-2022 itu dikuti beberapa kelompok UPPKA di Kota Bengkulu, terdapat UPPKA Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Lempuing, UPPKA Lempuing Indah, UPPKA Lestari Bumi Ayu dan kelompok UPPKA RDR Kelurahan Lingkar Barat Kota Bengkulu.

Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK) Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Weldi Suisno, M.E kepada pewarta mengatakan, bazar sehari itu upaya membangkitkan semangat kelompok pelaku ekonomi rakyat di Bengkulu dengan membantu dan memfasilitasi memasarkan produk UPPKA.

Dengan adanya gelar bazar Ramadhan supaya mengingatkan kembali aktivitas-akstivitas ekonomi kelompok ekonomi keluarga akseptor. Sehingga nantinya diharapkan mewujudkan kemandirian ekonomi keluarga, ujar Weldi Suisno di Bengkulu, Jumat,22/4.

Dikatakan Weldi, dalam upaya mewujudkan kemandirian ekonomi keluarga, selain memfasilitasi pemasaran produk kelompok pelaku ekonomi tersebut pihaknya juga membantu mendapatkan akses modal bergulir dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan-perusahaan yang ada dilingkungan pelaku ekonomi mikro itu.

” Kita menbantu memasarkan produk kelompok pelaku ekonomi kecil yaitu UPPKS agar tetap terus berkembang. Dengan dikembangkannya kelmpok pelaku ekonomi mikro itu dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga akseptor di Bengkulu, sehingga tumbuh menjadi keluarga berketahanan, sejahterah dan mandir,” ujar Weldi.

Hingga 2020 Kelompok UPPKA di Bengkulu terdapat sebanyak 860 kelompok yang tersebar di sejumlah daerah kabupaten/kota. Terdapat di Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 147 kelompok, Rejang Lebong 32 kelompok, Bengkulu Utara sebanayk 171 kelompok UPPKA, Kabupaten Kaur 84, Seluma terdapat 69 kelompok.

Sementara kelompok UPPKA lainnya terdapat di Kabupaten Mukomuko mencapai 150, Kabupaten Lebong terdapat sebanyak 63, Kepahiang 57, Kabupaten Bengkulu Tengah 20 kelompok dan Kota Bengkulu terdapat 67 kelompok. Kelompok – kelompok tersebut lebih banyak bergerak jenis usaha industri rumah tangga.

Kelompok UPPKA merupakan usaha ekonomi produktif yang beranggotakan sekumpulan keluarga akseptor yang saling berinteraksi dalam rangka meningkatkan fungsi ekonomi keluarga demi mewujudkan kemandirian ekonomi keluarga. Dibentuknya UPPKA sebagai wujud peduli pemerintah terhadap kelompok masyarakat untuk meningkatkan dan menumbuhkan semangat dan jiwa wirausaha. (rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!