UNIB Kembali Teken MoU Bersama BKKBN

Dekan Fisip UNIB Teken Nota Kesepahaman Bersama BKKBN, Rabu, 29/12.

Upaya pengembangan pengetahuan diluar kampus

Bengkulu, IPKB – Universitas Negeri Bengkulu ( Unib ) tahun ini kembali teken nota kesepahaman bersama dengan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) Provinsi Bengkulu.┬áPenandatanganan kerjasama kali ini dilakukan Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik ( Fisip ) yang berlangsung di Gedung Fisip Unib, Rabu, 29/12.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dihadiri Dekan Fisip Unib Dr. Yunilisiah., M.Si, Ketua Jurusan Sosiologi Heni Nopianti., M.Si, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Ir. Rusman Efendi., M.M Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk ( Dalduk ) BKKBN Novrina Rizky Idnal, S.Psi.

Dekan Fisip Unib Dr. Yunilisiah., M.Si dalam sambutan singkatnya menyebutkan bahwa perlunya kerjasama lintas lembaga pemerintah dan swasta itu sebagai upaya untuk meningkatkan ilmu pengetahuan mahasiswa diluar kampus. Sehingga nantinya lulusan Unib mampu bersaing secara global baik ditingkat nasional maupun internasional.

Kepala Pwk BKKBN Prov. Bengkulu Ir Rusm,an Efendi., M.M menandatangani MoU disaksikan Dekan Fisip UNIB, Rabu, 29/12.

” Melalui kerjsama itu kita harapkan terciptanya sumber daya manusia ( SDM ) yang unggul, dan mampu bersaing secara global hingga kanca internasional,” kata Yunilisiah di depan sejumlah mitra kerja.

Sementara itu Ketua Jurusan Sosiologi Fisip Unib Heni Nopianti., M.Si dalam laporannya menyebutkan bahwa untuk mendorong percepatan sasaran dari kerjsama itu, pada waktu yang sama Fisip jalin kesepatakan bersama beberapa lembaga pemerintah dan swasta, seperti Badan Pusat Statistik ( BPS ) Provinsi Bengkulu, Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Bengkulu, serta LSM AKAR Foundation Bengkulu.

Hal itu bertujuan untuk memberikan ruang bagi mahasiswa dalam memnggali ilmu diluar kampus sehingga dapat menjadi modal dalam bermasyarakat yang homogen. ” Mita kerja merupakan wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan “.

Ditempat yang sama Kepala Perwakilan BKKBN Bengkulu menambahkan bahwa lembaga pemerintah khusunya BKKBN akan meningkatkan kerjasama dengan sejumlah mitra kerja, khsusnya lembaga perguruan tinggi UNIB untuk mengimplementasikan tujuan dan harapan pemerintah terhadap kerjasama tersebut.

Ia mengatakan, kerjasama dua lembaga pemerintah itu telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu dalam hal peningkatan mutu masyarakat melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Bengkulu. MoU bersama UNIB diimplementasikan dalam kegiatan kajian dan perumusan terhadap program BKKBN tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

Kemudian, melakukan fasilitasi pengabdian masyarakat terhadap program BKKBN terutama dalam bidang Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, serta melakukan pengembangan pendidikan kependudukan melalui muatan Mata Kuliah yang relevan, ujar Rusman. ( rs )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *